9 Cara Meningkatkan Penjualan On-line Melalui Digital Marketing

Perlu proses yang panjang untuk menjalankan keempat unsur tersebut sekaligus. Disini, kami mengajak Anda untuk berfokus pada unsur pemasaran yang keempat, yaitu promotion. Lebih gampangnya, terdapat 4 unsur bauran pemasaran yang digunakan untuk memasarkan suatu produk. Paul Cookson, seorang profesional market consultant dunia mengatakan, “Running a business with out marketing will kill it” .

Dengan lengkapnya informasi ini, justru akan mempermudah customer untuk menghubungi. Dalam memasarkan produk juga harus diselingi dengan memberikan promo menarik pada para pelanggan. Apabila promosi yang Anda lakukan ini berjalan dengan baik walaupun produk yang Anda jual kualitasnya biasa saja, maka efek penjualan dari promosi itu akan meningkat pesat. Selain itu Anda juga harus jujur pada pelanggan mengenai produk yang Anda jual. Misalnya jika produk Anda sebenarnya kurang tahan lama maka katakan saja pada pelanggan seperti itu, dan jangan sebaliknya.

Marketing untuk menaikan penjualan

Bahkan, bisa menjangkau audiens lain diluar dari target market Anda. Di situs Anda, biasanya ada bagian tertentu di mana pelanggan meninggalkan alamat e-mail mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Manfaatkan hal ini, karena pengunjung yang meninggalkan email bisa dibilang selangkah lagi menjadi pelanggan. Jika pernah, perumpamaan tersebut juga berlaku dalam penggunaan konten untuk meningkatkan konversi.

Namun, cara semacam ini dapat Anda terapkan jika produk Anda adalah produk digital, bukannya produk fisik. Ini berfungsi sebagai permulaan bagi Anda untuk mengikat buyer Anda. Jika itu adalah produk digital, maka jika produk itu dikembalikan ke Anda, maka itu tidak akan membuat Anda merugi.

Menampilkan alur pemesanan produk di website dengan jelas bisa meningkatkan penjualan. Dalam ilmu psikologi advertising, cara ini disebut Goal Gradient Effect. Dengan begitu, pelanggan akan menilai harga produk Anda setara dengan manfaat yang mereka dapatkan. Strategi pemasaran untuk startup ini bisa menjadi salah satu jalan pintas untuk memperoleh site visitors dan juga branding dalam jumlah yang besar dan dengan waktu yang relatif singkat. Jenis-jenis kontes yang bisa jadi pertimbangan misalnya kontes blog, kontes artikel, kontes SEO atau kontes yang melibatkan pengguna media sosial. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu riset pasar.Siapa saja target pasar dari produk yang kita jual.

Kemudian, mempraktekkan secara langsung dengan konsep yang sangat matang. Hal ini juga bisa didukung dengan kreativitas dan inovasi yang tidak terbatas dari seorang pebisnis. Media sosial hingga saat ini masih menjadi media yang paling cepat pertumbuhannya. Orang yang mengaksesnya setiap hari semakin bertambah dan selalu stabil. Informasi apapun bisa diperoleh dan dicari dengan menggunakan media sosial ini.

Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara realtime, di mana pun dan kapan pun. Dengan Jurnal, perusahaan dapat menyiapkan laporan keuangan secara instan dan tepat. Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda adalah dengan memperlebar target bisnis. Jangan takut dengan penambahan biaya ketika akan memperlebar bisnis di area baru. Selain memahami beberapa poin di atas, pemilik usaha juga perlu memahami cara mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, pencatatan dan laporan penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Selain mengadakan diskon, Harbolnas menjadi momen yang tepat untuk cuci gudang alias menjual barang stok lama dengan harga yang jauh lebih murah. Mengingat, pada umumnya ada banyak sekali barang yang sudah tak terlalu dicari di pasaran, namun masih sangat bermanfaat. Nah, jika ditawarkan dengan harga yang ekonomis, tentu akan ada banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli. Target penjualan harus bisa diukur dengan mudah, apakah sudah tercapai atau belum.

Sehingga selain penjualan dan penghasilan mereka meningkat, bisnis Anda juga akan terbantu berkembang dengan sendirinya. Di saat-saat seperti ini, email atau pun notifikasi smartphone pelanggan Anda sudah pasti dipenuhi dengan berita dan update tentang COVID-19. Baik dari perusahaan tempat mereka bekerja ataupun on-line shop langganan mereka. Namun sebaiknya Anda jangan lagi mengeksploitasi hal ini menjadi sebuah kesempatan yang dilebih-lebihkan.

Share, remark, like di media sosial, backlink atau link dari website lain. Ketika Anda dan pelanggan memiliki hubungan yang buruk, lantas, siapa yang akan menggunakan produk Anda? Apalagi di period serba digital, Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan tapi di sisi lain, hoax juga semakin mudah berkembang. Proses kolaborasi tersebut juga perlu direncanakan dengan cukup matang agar influencer ataupun akun lain yang diajak kolaborasi bisa lebih nyaman. Kemudian, konsep dan jenis produk yang akan dipilih juga harus tepat.

Mintrarsip