Mau Buka Waralaba Franchise? Pahami 5 Komponen Ini!

Kebebasan ini adalah alasan utama untuk memulai bisnis yang sepenuhnya dan seutuhnya milik Anda. Waralaba adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu, yang disebut penerima waralaba, yang diawasi oleh perusahaan yang lebih besar, yang disebut pewaralaba. Misalnya, McDonald, Anytime Fitness, dan toko Ace Hardware semuanya adalah waralaba. Biasanya ada pilihan waralaba yang bersaing dan banyak orang telah menemukan keberhasilan dengan membeli waralaba daripada memilih untuk memulai bisnis mereka sendiri. Mulai dari hadiah yang diukir kustom hingga memberi nomor seri pada alat dan komponen dalam jumlah banyak, laser dapat menjadi sumber daya tak ternilai untuk beragam bisnis. Karena laser sangat serbaguna, pemotong/pengukir laser dapat mendukung bisnis secara mandiri.

Apa itu waralaba

Franchise berasal dari Bahasa latin yakin ‘Francorum Rex’ yang memiliki arti ‘Free from Servitude’ atau ‘Bebas dari ikatan’. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, franchise memiliki arti warlaba yang berdefinisi hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa. Iya, menggunakan SOP dan guideline dari franchisor bukan berarti franchise sektor cabang nggak bisa berkembang. Demi pertumbuhan revenue yang baik, setiap cabang ada baiknya memiliki ciri khas tersendiri. Initial investment adalah modal awal yang harus disetorkan dan dimiliki oleh franchisee pada saat memulai usaha waralabanya. Initial funding terdiri atas franchise fee, investasi untuk mounted asset dan modal kerja untuk menutup operasi selama bulan-bulan awal usaha waralabanya.

Karena Anda akan berbisnis di bidang makanan dan minuman, ada baiknya untuk membuat produk andalan yang menjadi ciri khas bisnis Anda di mata konsumen. Nasi sebagai makanan pokok di Indonesia adalah pilihan yang bagus karena pasarnya sudah ada. Selanjutnya, dalam istilah industri waralaba ini, pihak pertama disebut sebagai franchisor.

Pemilik atas merek atau usaha yang memberikan hak waralaba disebut franchisor, sedangkan pembeli atau penerima hak waralaba disebut franchisee. Akhirnya, tujuan penerima waralaba tentunya ingin menikmati keuntungan dari kekuatan dalam hal branding dan image yang sudah diteguhkan oleh sang waralaba tadi. Selain juga dukungan dalam hal penyediaan bahan baku, booth, emblem dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat pula pengelolaan inventori, modul penjualan dan pembelian, rekonsiliasi bank, integrasi bisnis, pengelolaan aset, dan pengelolaan pajak. Pasalnya, model yang digunakan sama sehingga akan berpengaruh cukup besar. Bahkan, hal ini juga bisa turut menurunkan omzet bisnis yang dijalankan. Mempunyai suatu model image yang telah dikenal luas dan terbukti berhasil.

Produk ayam goreng adalah salah satu kesukaan banyak masyarakat Indonesia. Walaupun memerlukan dana yang besar, tetapi KFC telah memiliki banyak pelanggan yang akan membuat cabang baru cepat didatangi oleh pelanggan. Besar modal franchise berbeda-beda tergantung dengan jenis franchise apa yang akan dilakukan dan seberapa besar bisnis tersebut. Semakin besar atau terkenal suatu merek maka biasanya biaya untuk memulai bisnis waralaba juga akan semakin besar. Selain uang, psychological yang kuat juga sangat diperlukan dalam persaingan bisnis waralaba. Namun, bagi orang yang masih bingung dalam pemilihan bisnis bisa melakukan bisnis waralaba atau yang dikenal sebagai franchise.

Minimarket yang berdiri dibawah naungan PT Alfaria Tn’Jaya ini juga menjalankan bisnis waralaba. Minimarket ini terus berkembangan dengan menambahkan berbagai layanan pembayaran. Jenis franchise yang satu ini konsepnya memberikan hak wajib kepada franchisee untuk membeli produk waralaba kemudian menjual produk dari perusahaan waralaba tertentu.

Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan. Sebagian besar kontrak waralaba memiliki standar jelas, yang hanya memungkinkan sedikit atau tidak ada perubahan atau penambahan pada merek, menghambat kreativitas dari pihak penerima waralaba. Penerima waralaba dapat terus meningkatkan operasi mereka sementara pemilik waralaba menghabiskan waktu dan uangnya untuk mengembangkan produk baru. Franchisee seringkali mendapat dukungan dari pemilik waralaba dalam hal pemasaran. Nah, jika tertarik dengan topik ini maka Anda harus menyimak artikelnya sampai akhir agar punya gambaran mengenai bisnis franchise atau waralaba. Berbagai jenis bisnis akan membutuhkan berbagai peralatan, termasuk jika Anda berencana untuk melakukan bisnis franchise.

Anda tidak hanya memiliki kepastian atas rencana bisnis dan produk atau layanan yang telah terbukti, Anda juga mendapatkan dukungan dari tim orang berpengalaman yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Untuk alasan ini, waralaba memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada bisnis baru. Kemudahannya mendorong banyak pebisnis dan investor untuk mencoba bisnis jenis ini. Franchise sendiri merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang lebih besar dan kesuksesan yang tinggi. Terutama pada produk yang telah memiliki branding cukup terkenal dan dikenal banyak masyarakat. Dibandingkan jika menggunakan branding sendiri dan harus melakukan promosi, pastinya juga akan membutuhkan biaya promosi yang lebih besar.

Proposal yang disajikan akan mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan proyeksi keuangan. Segala prosedur, mulai dari izin buka usaha sampai penjualan sudah tersusun secara detail dan sistematis, sehingga memudahkan para pebisnis yang tidak mau ribet. Penerima waralaba wajib memenuhi persyaratan yang telah disetujui dalam ikatan hukum. Memulai usaha dari nol membutuhkan keberanian, tekad, nekad, serta strategi yang tepat.

Mintrarsip